Beranda > inspirasi > KISAH HIKMAH: KISAH LAKI-LAKI PEMINJAM 1000 DINAR

KISAH HIKMAH: KISAH LAKI-LAKI PEMINJAM 1000 DINAR

images

Pada zaman dahulu akla ada seorang laki-laki bani israil yang meminta kepada seorang bani israil lainnya agara meminjamkannya seribu dinar. Maka berkatalah si pemilik uang tersebut,”datangkan saksi dan penjamin untukku.”

Laki-laki peminjam tersebut berkata”Allah-lah yang menjadi saksi dan penjaminku”

Si pemilik uang tersebut  pun berkata,”engkau benar”. Lalu ia menyerahkan uang itu sampai waktu yang ditentukan.

Kemudian, si peminjam itu berlayar  dan menyelesaikan urusannya. Pada waktu yang telah ditentukan untuk melunasi hutangnya, dia mencari kapal yang akan membawanya berlayar kepada temannya untuk melunasi hutangnya. Namun, dia tidak mendapatkan kapalnya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengambil sebuah kayu lalu melubanginya dan memasukkan seribu dinar itu ke dalamnya di sertai sehelai surat kepada sahabatnya. Kemudian ia membawa kayu tersebut ke laut. Dia pun berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau tahu bahwa kau pernah meminjam dari si fulan seribu dinar, lalu dia meminta jaminan serta saksi. Maka aku katakan ,’cukuplah Allah sebagai penjamin dan saksi’ dan dia pun ridha. Sesungguhnya aku sudah berusaha sungguh-sungguh mencari kendaraan untuk menyerahkan hak ini kepadanya, namun akau tidak kuasa. Dan saya titipkan uang ini kepada Engkau Ya Allah.”

Si laki-laki itu melemparkannya kayu itu ke laut. Kemudian dia pulang dan tetap mencari kendaraan untuk menuju negeri sahabatnya.

Sementara orang yang meminjamkan uang itu keluar dan menunggu-nunggu, barangkali ada kendaraan membawa hartanya. Ternya setelah berlama-lama menunggu ternyata tidak ada, namun yang ia temukan hanya sepotong kayu di pinggir pantai dekat rumahnya. Dia pun mengambil kayu tersebut dengan maksud menggunakannya sebagai kayu bakar di rumah. Setelah menggergaji kayu tersebut, maka jatuhlah sebuah surat dan seribu dinar.

Kemudian, beberapa waktu datanglah seorang yang dahulu ia pinjaminya uang sambil berkata, “Demi Allah , saya sudah berusaha mencari kendaraan untuk melunasi pinjaman seribu dinarmu ini.” Ujarnya sambil mengeluarka uang seribu dinar.

Si pemilik uang tersebut berkata,”apakah engkau mengirimkan saya sesuatu?”

Kata si peminjam itu, “saya terangkan kepadamu, bahwa saya tidak menemukan kendaraan sebelum saya datang ini”

Laki-laki pemilik uang itu berkata kembali,”sesungguhnya Allah telah menunaikan hutangmu, dengan harta yang engkau kirimkan dengan sebatang kayu. Terima kasih sahabatku dan bawalah seribu dinarmu itu.”

Sebuah kisah yang menakjubkan. Betapa tidak. Di saat kebanyakan manusia lupa dengan amanah yang dipikulnya, menelantarkan hak yang wajib di tunaikannya, kisah ini menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi orang-orang yang mau memperbaikai dirinya.

Kesungguhannya untuk menunaikan amanah, di lihat oleh Allah. Sehingga Allah kirimkan kepada sang peminjam sepotong kayu yang hanyut di bawa gelombang.

Alangkah langkanya amanah ini di zaman kita ini.

 

Disadur dari: majalah nurul hayat edisi 105 (kisah himah)

  1. 17 Juni 2013 pukul 5:28 pm

    Groundbreaking, we know, but it’s an downright and you can use it without any length restrictions. uk car rental You too get options for manual setup — you can’t change fonts, for illustration, and you can only choose from four typeface
    colors: orange, Putting surface, red, and bleak.

    Suka

  2. 22 Juli 2013 pukul 2:31 pm

    In the body, it haves the release loss because they are entirely
    secure and don’t feature any of the negative side personal effects that can harm the body extensively. kool pure raspberry ketone What is quite a all-important that you ought to pluck merchandises that are created from all natural elements.

    Suka

  3. 30 Juli 2013 pukul 5:12 pm

    erstwhile you enter cPanel, click the ‘Scripts library’ picture located towards the right of the ‘CGI centerfield’
    icon of their commencement natal day, she touched to a new apartment.
    http://www.hostitnow.co.uk/ – web hosting Blue legion and legion Lusus naturae are two of
    the six times in their get-go year.

    Suka

  4. triyono
    25 Oktober 2014 pukul 12:18 pm

    subhanallah,itu kuasa allah,

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Pengunjung Yang Bijak Adalah Yang Meninggalkan Jejak. Monggo Dikomeng Y(^_^)Y

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: