Arsip

Posts Tagged ‘inspirasi’

[Must Read] Kata Kata Hikmah Salahuddin Al Ayyubi

16 November 2014 Tinggalkan komentar

Salahuddin Ayyubi. Apakah agan semua pernah denger dan tau nama salah satu pahlawan muslim dalam perang salib ini? Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (Bahasa Arab: صلاح الدين الأيوبي, Kurdi: صلاح الدین ایوبی) (Sho-lah-huud-din al-ay-yu-bi) (c. 1138 – 4 Maret 1193) adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib.  (wikipedia)

di postingan ini ane bukan ingin membahas siapa itu Salahuddin Ayyubi? untuk informasi itu agan bisa dapatkan di wikipedia atau sistus sejarah islam yang lainnya namun, ane akan membagi Baca selanjutnya…

Ketakutan Anak Kecil Pada Neraka

8 November 2013 Tinggalkan komentar

ketika ane baca-baca buku  di kamar kontrakan ane, ane nemuin sebuah buku berjudul “Bunga Rampa VOL.1” buku ini merupakan kumpulan cerita-cerita hikmah yang dikumpulin oleh MS Muslim Studi (FSLDK FE UM). langsung saja gan ini cerita yang menurut ane unik dan menggetarkan jiwa :

sumber : googling

sumber : googling

Dalam sebuah riwayat menyatakan bahwa ada seseorang lelaki tua sedang berjalan-jalan di tepi sungai. ketika sedang berjalan di tepi sungai dia melihat seorang anak kecil sedang mengambil air wudhu sambil menangis sesenggukan.

Lalu laki-laki tua itupun mendekati anak kecil yang tengah menangis tersebut, dan dia pun berkata, “Wahai anak kecil mengapa engkau menangis sesenggukan seperti ini?”

Maka berkata anak kecil tersebut, ”Wahai pak tua saya tadi telah membaca ayat-ayat suci Al-Quran hingga sampai pada suatu ayat yang berbunyi, “Yaaayyuhal ladziina aamanuu quu anfusakum” yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah olehmu sekalian akan dirimu” karena ayat tersebut saya menangis karena saya takut akan dimasukkn ke dalam api neraka.”

Kemudian orang tua tersebut berkata, “Wahai anak kecil, janganlah kamu takut, sesungguhnya kamu terpelihara dan kamu tidak akan dimasukkan kedalam api neraka”

sumber : googling

sumber : googling

si anak kecil menjawab “Wahai pak tua, pak tua merupakan orang yang pandai, tidaklah pak tua lihat jika ada orang yang ingin menyalakan api maka yang pertama yang mereka letakkan ialah ranting-ranting kayu yang kecil dahulu kemudian baru mereka baru mereka letakkan  kayu yang besar, jadi pastilah diriku yang kecil ini yang akan dibakar dahulu sebelum orang dewasa”

Lalu Orang tua tersebut berkata sambil menangis, “Sungguh anak kecil ini lebih takut kepada neraka daripada orang yang dewasa maka bagaimanakah keadaan kami nanti”

 

gimana nawak, bagaimana dengan kita yang sudah dewasa ini?

Baca Juga Gan! :

Kisah Hikmah : Keikhlasan Tukang Sol Sepatu Keliling

19 Oktober 2013 Tinggalkan komentar

Gambar

Cuaca hari itu begitu panas. seorang laki-laki tua bernama Mbah sarno terus mengayuh sepeda tuanya menyisir jalan kota meropolitan demi menyambung hidup.

Mbah sarno sudah puluhan tahun berprofesi sebagai tukang sol sepatu keliling. Jika orang lain mungkin berfikir “mau nonton apa saya malam ini?”, mbah sarno cuma bisa berfikir “saya bisa makan atau nggak malam ini?”

Di tengah cuaca panas seperti itu pun terasa sangat sulit baginya untuk mendapatkan pelanggan. Bagi mbah sarno, setiap hari adalah hari kerja. Dimana ada peluang untuk menghasilkan rupiah, disitu dia akan terus berusaha. Hebatnya, beliau adalah orang yang sangat jujur. Meskipun miskin, tak pernah sekalipun ia mengambil hak orang lain.

Jam 11, saat tiba di depan sebuah rumah mewah di ujung gang, diapun akhirnya mendapat pelanggan pertamanya hari ini. Seorang pemuda usia 20 tahunan, terlihat sangat terburu-buru.

Ketika mbah sarno menampal sepatunya yang bolong, ia terus menerus melihat jam. Karena pekerjaan ini sudah digelutinya bertahun-tahun, dalam waktu singkat pun ia berhasil menyelesaikan pekerjaannya.

“Wah cepat sekali. Berapa pak?”

“5000 rupiah saja mas”

Sang pemuda pun mengeluarkan uang seratus ribuan dari dompetnya. Mbah sarno jelas kaget dan tentu ia tidak punya uang kembalian sama sekali apalagi sang pemuda ini adalah pelanggan pertamanya hari ini.

“Wah mas gak ada uang pas ya?”

“Nggak ada pak, uang saya tinggal selembar ini, belum dipecah pak”

“Maaf mas, saya nggak punya uang kembalian”

“Waduh repot juga kalo gitu. Ya sudah saya cari dulu sebentar pak ke warung depan”

“Udah mas nggak usah repot-repot. Mas bawa dulu saja. Saya perhatikan mas lagi buru-buru. Lain waktu saja mas kalau kita ketemu lagi.”

“Oh syukurlah kalo gitu. Ya sudah makasih ya pak.”

Jam demi jam berlalu dan tampaknya ini hari yang tidak menguntungkan bagi mbah sarno. Dia cuma mendapatkan 1 pelanggan dan itupun belum membayar. Ia terus menanamkan dalam hatinya, “ikhlas. Insya allah akan dapat gantinya.”

Ketika waktu menunjukkan pukul 3 lebih ia pun menyempatkan diri shalat ashar di masjid depan lapangan bola sekolah. Selesai shalat ia berdoa.

“Ya allah, izinkan aku mencicipi secuil rezekimu hari ini. Hari ini aku akan terus berusaha, selebihnya adalah kehendakmu.”

Selesai berdoa panjang, ia pun bangkit untuk melanjutkan pekerjaannya.

Ketika ia akan menuju sepedanya, ia kaget karena pemuda yang tadi siang menjadi pelanggannya telah menunggu di samping sepedanya.

“Wah kebetulan kita ketemu disini, pak. Ini bayaran yang tadi siang pak.”

Kali ini pemuda tadi tetap mengeluarkan uang seratus ribuan. Tidak hanya selembar, tapi 5 lembar.

“Loh loh mas? Ini mas belum mecahin uang ya? Maaf mas saya masih belum punya kembalian. Ini juga kok 5 lembar mas. Ini nggak salah ngambil mas?”

“Sudah pak, terima saja. Kembaliannya, sudah saya terima tadi, pak. Hari ini saya tes wawancara. Telat 5 menit saja saya sudah gagal pak. Untung bapak membiarkan saya pergi dulu. Insya allah minggu depan saya berangkat ke prancis pak. Saya mohon doanya pak”

“Tapi ini terlalu banyak mas”

“Saya bayar sol sepatu cuma rp 5000 pak. Sisanya untuk membayar kesuksesan saya hari ini dan keikhlasan bapak hari ini.”

 

subhanallah sungguh maha suci Allah, dari cerita diatas yang ane sadur dari saudara al.irsyad.zbidy yang  begitu banyak manfaat serta pembelajaran yang kita dapat dari sebuah kisah hikmah di atas. digambarkan seorang kakek yang senantiasa istiqomah menjalankan pekerjaannya dengan ikhlas dan jujur walaupun sebagai seorang tukang sol sepatu keliling ia tetap semangat untuk terus bekerja demi menyambung hidup. semoga cerita di atas dapat memberi semangat baru untuk kita tetap selalu istiqomah menjalankan aktifitas sehari-hari kita dengan semangat tanpa terucapa sebuah keluh kesah dari mulut ini. amin….amin… amin…. Ya ALLAH SWT.

KISAH HIKMAH: KISAH LAKI-LAKI PEMINJAM 1000 DINAR

28 April 2013 5 komentar

images

Pada zaman dahulu akla ada seorang laki-laki bani israil yang meminta kepada seorang bani israil lainnya agara meminjamkannya seribu dinar. Maka berkatalah si pemilik uang tersebut,”datangkan saksi dan penjamin untukku.”

Laki-laki peminjam tersebut berkata”Allah-lah yang menjadi saksi dan penjaminku”

Si pemilik uang tersebut  pun berkata,”engkau benar”. Lalu ia menyerahkan uang itu sampai waktu yang ditentukan.

Kemudian, si peminjam itu berlayar  dan menyelesaikan urusannya. Pada waktu yang telah ditentukan untuk melunasi hutangnya, dia mencari kapal yang akan membawanya berlayar kepada temannya untuk melunasi hutangnya. Namun, dia tidak mendapatkan kapalnya. Akhirnya dia memutuskan untuk mengambil sebuah kayu lalu melubanginya dan memasukkan seribu dinar itu ke dalamnya di sertai sehelai surat kepada sahabatnya. Kemudian ia membawa kayu tersebut ke laut. Dia pun berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau tahu bahwa kau pernah meminjam dari si fulan seribu dinar, lalu dia meminta jaminan serta saksi. Maka aku katakan ,’cukuplah Allah sebagai penjamin dan saksi’ dan dia pun ridha. Sesungguhnya aku sudah berusaha sungguh-sungguh mencari kendaraan untuk menyerahkan hak ini kepadanya, namun akau tidak kuasa. Dan saya titipkan uang ini kepada Engkau Ya Allah.”

Si laki-laki itu melemparkannya kayu itu ke laut. Kemudian dia pulang dan tetap mencari kendaraan untuk menuju negeri sahabatnya.

Sementara orang yang meminjamkan uang itu keluar dan menunggu-nunggu, barangkali ada kendaraan membawa hartanya. Ternya setelah berlama-lama menunggu ternyata tidak ada, namun yang ia temukan hanya sepotong kayu di pinggir pantai dekat rumahnya. Dia pun mengambil kayu tersebut dengan maksud menggunakannya sebagai kayu bakar di rumah. Setelah menggergaji kayu tersebut, maka jatuhlah sebuah surat dan seribu dinar.

Kemudian, beberapa waktu datanglah seorang yang dahulu ia pinjaminya uang sambil berkata, “Demi Allah , saya sudah berusaha mencari kendaraan untuk melunasi pinjaman seribu dinarmu ini.” Ujarnya sambil mengeluarka uang seribu dinar.

Si pemilik uang tersebut berkata,”apakah engkau mengirimkan saya sesuatu?”

Kata si peminjam itu, “saya terangkan kepadamu, bahwa saya tidak menemukan kendaraan sebelum saya datang ini”

Laki-laki pemilik uang itu berkata kembali,”sesungguhnya Allah telah menunaikan hutangmu, dengan harta yang engkau kirimkan dengan sebatang kayu. Terima kasih sahabatku dan bawalah seribu dinarmu itu.”

Sebuah kisah yang menakjubkan. Betapa tidak. Di saat kebanyakan manusia lupa dengan amanah yang dipikulnya, menelantarkan hak yang wajib di tunaikannya, kisah ini menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi orang-orang yang mau memperbaikai dirinya.

Kesungguhannya untuk menunaikan amanah, di lihat oleh Allah. Sehingga Allah kirimkan kepada sang peminjam sepotong kayu yang hanyut di bawa gelombang.

Alangkah langkanya amanah ini di zaman kita ini.

 

Disadur dari: majalah nurul hayat edisi 105 (kisah himah)

BEDA SI SUKSES DAN SI GAGAL

27 April 2013 2 komentar

00 air garam

  • Sukses itu adalah mereka yang berfikir untuk memecahkan masalah
  • Gagal itu adalah mereka yang berfikir untuk membuat masalah
  • Sukses itu tak kehabisan ide
  • Gagal itu tak pernah habis udzurnya
  • Sukses itu melihat jalan keluar dalam masalah
  • Gagal itu melihat masalah dalam jalan keluar
  • Sukses itu berkata, “jalan keluar itu sulit tapi mungkin dilakukan”
  • Gagal itu berkata, “jalan keluar itu mungkin tapi sulit dilakukan”
  • Sukses itu mempunyai mimpi yang suatu saat pasti akan diwujudkan
  • Gagal itu mempunyai angan-angan dan lamunan yang merisaukan
  • Sukses itu berkata, “bergaulah dengan manusia dalam pergaulan yang kamu suka diperlakukan”
  • Gagal itu berkata,”tipulah manusia sebelum manusia menipumu”
  • Sukses itu melihat adanya cita-cita dalam pekerjaanya
  • Gagal itu melihat kesusahan dalam pekerjaannya
  • Sukses itu  melihat masa yang akan datang dan merencanakan langkah-langkahnya untuk mewujudkannya
  • Gagal itu melihat masa lalu dan tenggelam bersamanya
  • Sukses itu memilih apa yang dia katakan
  • Gagal itu mengatakan apa yang ia pilih
  • Sukses itu berdebat dengan kemampuan dan bahasa yang lembut
  • Gagal itu berdebat dengan kelemahan dan bahasa yang kasar
  • Sukses itu membuat goresan sejarah
  • Gagal itu tergores sejarah

sebuah kisah : BUNGA UNTUK IBU

27 April 2013 1 komentar

BUNGA UNTUK IBU

puisi-air-mata-ibu

Pagi itu, seorang wanita karir yang berparas anggun tampak turun dari mobil mewahnya. Ia berhenti di sebuah pertokoan dan bermaksud untuk membeli sebuah kado di kompleks pertokoan tersebut. Besok adalah hari ibu, dan ia bermaksud untuk membeli kado dan mengirimkannya lewat os untuk ibunya yang ada di kampung. Seorang ibu yang telah ia tinggal pergi beberapa tahun untuk kuliah,mencari nafkadan mengejar kesuksesan di kota besar ini.

florist jakarta

Langkah wanita itu terhenti di depan sebuah toko bunga. Ia meliahat seorang gadis. Tanpa disangka gadis tersebut dalah adik tingkatnya semasa kuliah dahulu… gadis tersebut terlihat sedang memandang lesu rangkaian-rangkaian bunga-bunga indah di etalase. Matanya terlihat jelas tengah berkaca-kaca. Matanya nampak memerah danbulir-bulir hangat mengalir mwmbahasi pipinya.

Setelah saling bertegur sapa dan saling menceritakan kenangan di masa lalu, wanita itu lalu bertanya, “Ada apa denganmu? Dan ada apa dengan bunga-bunga itu?sepertinya ada sesuatu yang mengganggu fikiranmu.”

“Aku ingin memberi salah satu rangkaian bunga mawar ini untuk ibuku,” gadis itu melanjutkan, ”seumur hidup, saya belim pernah memberikan bunga seindah ini untuk ibu”.

“kenapa kau tidak beli saja?ini bagus, kok.”cerita wanita tersebut sambil mengamati salah satu karangan bunga.

“penginnya sih,begitu. Tetapi uang saya tidak cukup.”

“ya sudah, kamu pilih saja salah satu aku akan membayarnya untukmu.”wanita itu menawarkan diri dengan tersenyum.

Akhirnya gadis itu mengambil salah satu karangan bunga. Dengan ditemani sang wanita , gadis itu lalu menuju ke kasir. Wanita itu juga menawarkan diri mengantar si gadis pulang ke rumah untuk memberikan bunga itu kepada ibunya. Gadis itu pun bersedia.

Dua orang itu lalu melaju menggunakan mobil menuju ke sebuah tempat yang ditunjukkan si gadis. Hati wanita itu terperanjat ketika sang gadis ternyata mengajaknya ke sebuah kompleks pemakaman umum.

ilustrasi-pemakaman

Setelah memarkair mobil, wanita itu lalu mengikuti langkah-langkah si gadis. Dengan sangat terharu gadis itu lalu meletakkan karangan bunga itu ke makam ibunya. Seorang ibu yang memang belum pernah dilihat gadis itu seumur hidupnya. Ibu itu dulu meninggal saat melahirkan gadis itu.

Melihat kejadian itu, dan setelah mengantarkan gadis itu pulang ke rumah, sang wanita sukses itu membatalkan niat untuk membeli dan mengirimkan kado bagi ibunya.

Siang itu juga, ia itu langsung memacu mobilnya dan pulang ke kampung halamannya, untuk melihat wajah ibu yang ia rindukan selama ini untuk memeluk erat tubuh dan hati lembutnyasebelum bekunya pemakaman memisahkan mereka kelak,mumpung MASIH ADA WAKTU………

 

 

Disadur dari : Majalah Nurul Hayat edisi 105 ( REHAT)

2 Hal yang Harus Kita Ingat dan Dilupakan

25 Maret 2013 4 komentar

ada 2 hal yang harus kita ingat dan yang harus kita lupain, yaitu:

yang pertama yang harus diingat:

  • kebaikan orang lain terhadap kita
sumber: google

sumber: google

  • kesalahan kita kepada orang lain
sumber: google

sumber: google

yang kedua yang harus kita lupain yaitu:

  • kebaikan kita terhadap orang lain
sumber : google

sumber : google

  • kesalahan orang lain terhadap kita
    sumber: google

    sumber: google

    jadi, 2 hal diatas yang harus kita ingat dan dilupain….ok gan!

%d blogger menyukai ini: