Arsip

Posts Tagged ‘banjir’

Doaku Untuk Saudara Kenongosari \(‘-‘)/

19 Desember 2013 6 komentar

Alhamdulillah bisa nyoret lagi di blog usang yang sudah semingguan ane tinggal karena harus berteman dengan buku gara-gara UAS. ditengah suasana UAS yang tegang tersebut terselip kabar bahwa Desa  tercinta ane DEKENSA Desa Kenongosari terendam banjir. (12/15) hari ahad ane coba untuk menghubungi keluarga yang ada dirumah namun mereka bilang ini cuman banjir biasa dan mereka juga bilang kalau rumah belum terendam banjir hanya saja sebagian lahan persawahan mulai tergenangi air mendengar hal tersebut ane sedikit lega karena ane takut banjir besar pada penghujung tahun 2007 akan terulang kembali.

kondisi pertanian awal datangnya air banjir

kondisi pertanian awal datangnya air banjir pict : wahyudi rapper

ane kagak sempet tanya kabar lagi setelah itu karena harus fokus pada UAS dan tugas-tugas, dan ane berencana ahad depan buat pulkam jika UAS telah selesai. namun apa yang terjadi? ketika mengecek kabar berita di pesbuk ane sempet baca di status salah seorang nawak desa yang meng aplot sebuah pict tentang  kondisi ketinggian air bengawan solo yang terus naik. juga barusan ane  nongkrong di blognya kakak ane kang Heri Setiawan yang memposting mengenai terendamnya rumah ane. *SHOCK* itu pasti. bayangin aja nawak  ane sudah seneng seneng ingin pulkam sehabis UAS tapi kondisi kampung malah kebanjiran kayak gitu bukan seneng lagi tapi ngenes.

gambar rumah kerabat yang diintai banjir  sumber pict : wahyudi rapper

gambar rumah kerabat yang diintai banjir sumber pict : wahyudi rapper

Emang sih setiap musim hujan tiba desa ane mempunyai pelanggang setia yaitu banjir, namun untuk banjir besar seperti saat ini dan awal tahun 2008 lalu biasanya siklusnya 5 tahunan.  ane tadi juga sempet ngomong-ngomong lewat pesbuk dengan nawak dan ane tanya kondisi menjawab kalo kondisinya stabil alias ketinggian air masih tinggi, ane juga tanya ada akses gak kalo mo masuk ke desa Kenongosari? dia menyarankan lewat Desa Pandanwangi ato Desa Sandingowo soalnya ada transportasi perahu di situ.

salah seorang warga kenongosari yang mencoba menerobos derasnya banjir pict : wahyudi rapper

salah seorang warga kenongosari yang mencoba menerobos derasnya banjir pict : wahyudi rapper

untuk nawak nawak Kenongosari ane hanya bisa membantu dengan doa dari Ngalam city   :

Ya Allah ya Tuhan kami ampunilah dosa-dosa kami yang hina ini

Ya Allah jangan jadikan kami golongan yang kufur atas nikmat-Mu

Ya Allah  ane mohon berikanlah kesabaran dan ketabahan bagi saudara saudara ane yang sedang terkena musibah banji

Semoga dengan adanya banjir ini akan menambah rasa syukur  dan ketaqwaan kami atas nikmat yaang Engkau berikan.

dan kami mohon agar bencana ini dapat menghapus dosa dosa kami kepadamu ya Rabb. Amiiieen……….

 

dan untuk emak, mbak, adik dan keponakan kecilku Rama semoga tetap sabar dan tabah melewati ujian ini karena ane yakin Allah selalu menjaga kalian semua. Maap kalo setiap rumah kebanjiran ane tidak bisa disamping kalian dan ikut merasakan seperti yang kalian rasaka hehehehehe 🙂 🙂 🙂 🙂

baca juga nawak :

Iklan

sad story :nasib bocah pinggir bengawan

20 Februari 2013 1 komentar

nasib emang nasib gan kalo punya rumah dekat dengan bengawan, kalo musim hujan kebanjiran kalo ,musim kering kekeringan yah….mungkin entu udah jadi takdir ane sebage anak pinggiran bengawan. kemaren aja desa ane tercinta, desa kenongosari habis diterjang banjir, walaupun durasinya enggak lama (kayak nonton pideo aja ada durasinya …hehehehhehe) cuman tiga hari aje.

 poto desa ane di gugel mep

poto desa ane di gugel mep

namun ane kudu bersyukur kepada Allah SWT karena banjir kali ini nggak nyampe masuk rumah, masih mendingan banjir kemaren dibanding banjir waktu tahun 2007 ato 2008 (ane lupa ………..xiixixixi) yang aernya nyampe dalam rumah(yang pasti gak pake permisi). yang paling ane benci saat banjir entu pas mo brangkat sekolah (pelajar baik gan! mo bajir, tornado, ato tsunami yang penting sekolah) ane harus nyebrangin derasnya air kencing banjir, enggak cuman itu ane harus nyeret sepedah ane(gak bisa dibayangin betapa penat dan letihnya ane waktu entu).

seorang ibu yang lagi mencoba melawan banjir

beginilah kondisi kalo sedang maen petak umpet banjir

mungkin kagak cuma ane aja yang ngerasa jengkel dengan banjir ini, namun semua penduduk desa juga merasakan hal yang sama dengan ane, soalnya kebanyakan penduduk desa ane adalah petani. walaupun banyak orang merasa jengkel dengan banjir kali ini namun tak sedikit juga ada yang ngerasa hepi., siapa lagi kalo bukan anak-anak monyet  kecil. pernah ane tanya salah seekor anak
“dik, enakan mana banjir ama gak banjir?” tanya ane, eh…..malah dia ngejawab gini”pe ak lo mas ya enakan banjir lah kan bisa maen aer sepuasnya tanpa harus ke WBL, dan juga sekolah kan bisa libur” jawabnye sambil nyesot ingus “srot..srot”(mo ane jitak bapaknya gantengn gak jadi ane…)

seorang nenek yang lagi latihan renang melewati banjir

seorang nenek yang lagi latihan renang melewati banjir

walaupun sekarang banjir udah mulai berangsur angsur surut namun dia si banjir udah ngancurin jalan-jalan ane, dulu jalan yang lubangnya kuecil kini makin guede dulu jalan yang lurus kini malah bengkok (jalan apa besi kok bisa bengkok, dodol). yang ane mau moga ini banjir yang terakhir , ane gak mau harus nyeret pedah nyebrangin banjir lagi (cuapek pol)

para petani yang lagi maen biliard panen ditengan banjir

para petani yang lagi maen biliard panen ditengah banjir

Silsilah Desa Kenongosari

10 September 2011 2 komentar


Desa kenongosari terletak di wilayah Negara Republik Indonesia lebih tepatnya diprovinsi Jawa timur,kabupaten Tuban,kecamatan Soko terletak paling timur,disebelah utara desa ini berbatasan dengan kecamatan Rengel,disebelah barat berbatasan dengan Desa Sandingrowo dan Desa Pandanwangi sedangkan disebelah timur dibatasi oleh sungai yang terpanjang sepulau Jawa yaitu Bengawan Solo,

sungai inilah yang menjadi tapal batas antara dua kabupaten yaitu kabupaten Tuban dan kabupaten Bojonegoro.Desa Kenongosari dibagi menjadi 3 dusun yaitu;kenongo kidul,kenongo lor(ambeng-ambeng)dan kali rejo.Kondisi alam di desa ini amatlah subur banyak sawah yang terbentang luas,disini sebagian besar penduduk di desa Kenongosari ini adalah petani,biasanya petani di desa ini memanen hingga 3 kali tapi apabila banjir bias panen hanya 2 kali,memang setiap tahun pada musim hujan,desa ini sering dilanda banjir,apalagi banjir pada waktu tahun 2007 yang lalu sangat dashyat banyak warga desa ini yang mengungsi kerumah sanak keluarganya yang tidak terkena banjir .Bila dibandingkan dengan tahun 2008 masih aman yang tahun 2008 yang sebagian besar rumah penduduk desa Kenongosari hanya terendam sampai perut orang dewasa tapi alhamdulillah di tahun 2009 dan 2010 sudah tidak ada banjir lagi,dan kami masih bersyukur hanya seperti itu bila dibandingkan lagi dengan kabupaten Bojonegoro banyak rumah yang tenggelam dan hilang karena banjir Bengawan Solo.

Desa ini juga pernah dilanda kekeringan pada tahun 2008,sungai yang terpanjang sepulau Jawa itu kering kerontang hingga terlihat dasarnya dan hanya ada beberapa lubang-lubang yang masih menyisakan sedikit air,untuk mencari air warga dusun cowe’an mengambil air dari sumur yang ada di mushola Al-adhim dengan cara antri,pada waktu itu bertepatan dengan buln puasa,setiap habis sahur kamimengambil air di mushola untik mandi dan mencuci,kegiata tersebut berlansung hingga musim kemarau usai.Kondisi ekonomi di desa Kenongosari ini memang bias dikatakan makmur walaupun juga ada warga yang miskin .Untuk masalah agama 100% warga desa Kenongosari memeluk agama ISLAM/MUSLIM,untuk masalah jalan di desa ini sudah teraspal walaupun ada sedikit yang rusak karena banjir di tahun lalu.Di desa Kenongosari hanya ada beberapa tempat sekolah dintaranya; SDN KENONGOSARI,MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH,TK PKK,dan PLAY GROUP “PELANGI”ada juga pendidikan al-quran”ABABIL”.Ada jugaberbagai aliran agama yang ada di desa Kenongosari misalnya;NU,MUHAMMADIYAH,dll,meskipun terdiri dari berbagai aliran agama tapi di desa ini sangat tentram dan tidak menimbulkan perselisihan maupun permusuhan.Di Kenonogosari terkenal dengan silatnya ,karena di desa ini banyak sekali perguruan silat diantaranya;PSHT(yang banyak dianut oleh anak anak ARCHOMA COMMUNITY dan diasuh oleh Didik dkk,KERA SAKTI,PENCAK JAWA, CIPTA SEJATI,oleh karena itu desa ini cukup terkenal dengan pesilat handal.

ARCHOMA COMMUNITY

%d blogger menyukai ini: