Arsip

Archive for the ‘religi’ Category

Kumpulan Link Download Murottal Alquran Mishary bin Rashid Alafasy

19 Februari 2016 Komentar dimatikan

unnamed

Bagi yang demen mendengarkan music metal murottal Alquran ataupun lagu-lagu islami (nasyid) mungkin sudah tidak asing dengan Mishary bin Rashid Alafasy . Qari yang lahir di Kuwait pada 5 september 1976 ini terkenal dengan keindahan suara dalam melantunkan bacaan Alquran serta beliau dikenal juga seorang penyanyi nasyid.

Menurut dari situs yang ane sadur (Rickiya) beliau belajar Quran di Baca selanjutnya…

Yuk Kita Tutup Aurat #SelamatHariMenutupAuratInternasional

14 Februari 2015 Tinggalkan komentar
sumber :googling

sumber :googling

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi umat Islam sebab haram hukumnya menampakkan aurat kepada orang yang tidak berhak melihatanya.  Hal demikian juga dijelaskan dalam QS. Al-A’raf: 26 “Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu…”  Perintah Allah mengenai kewajiban menutup aurat bersifat menyeluruh untuk laki-laki maupun perempuan.

Salah satu bentuk dari ketaatan hamba terhadap Rabb-Nya adalah mentaati segala perintah yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Menutup aurat merupakan sebagian contoh dari perintah Allah sehingga, dengan tertutupnya aurat kita Insya Allah bisa menambah ketaatan kita kepada Allah SWT. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya jika aurat ini diumbar , diperlihatkan kepada orang tidak berhak melihatnya maka hal ini termasuk perbuatan yang ingkar.

Mentutup aurat tidak ala kadarnya dengan seenak dan semaunya. Tentunya ada batasan-batasan dan syarat dalam menutup aurat. Batasan  aurat untuk perempuan yaitu menutup seluruh permukaan tubuh hingga menyisakan wajah telapak tangan. Seperti yang digambarkan dalam sebuah hadist dari Khalid bin Duraik: ‘’Aisyah RA, berkata: ‘’Suatu hari, asma binti abu bakar menemui Rasulullah SAW dengan menggunakan pakaian tipis, beliau berpaling darinya dan berkata: ‘’wahai asma’’ jika perempuan sudah mengalami haid, tidak boleh ada anggota tubuhnya yang terlihat kecuali ini dan ini, sambil menunjuk ke wajah dan kedua telapak tangan.’’ (HR. Abu Daud).

Berbicara mengenai menutup aurat pada perempuan tidak akan jauh dari kata berhijab atau berjilbab, sebab hijab merupakan salah satu media untuk menutup aurat pada kaum hawa. Berhijab hukumnya wajib bagi seorang muslimah sesuai dengan firman Allah dalam Qur’an Surat an-Nur ayat 3 “ Dan katakanlah kepada wanita yang beriman:” Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung  ke dadanya…”  firman Allah untuk seruan berhijab juga dapat ditemui di surat Al Ahzab ayat 59. Maka sudah sepantasnya seorang muslimah untuk mengenakan hijab sesuai syari atau aturan agama Islam sebab hal tersebut telah menjadi perintah Allah SWT. Hijab bukan berarti pengekangan terhadap kebebasan namun menjadi bukti bahwa kedudukan perempuan di dalam agama Islam begitu istimewa.

sumber : almukhlishin-tpj.blogspot.com

sumber : almukhlishin-tpj.blogspot.com

Berjilbab atau Berhijab yang Baik dan Benar

1. Niat berjilbab hanya kerena Allah SWT.

2. Jilbab atau hijab yang baik adalah yang dapat menutup aurat wanita secara sempurna. Adapun yang termasuk aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.

3. Memakai jilbab atau hijab yang tidak transparan.

4. Memakai jilbab atau hijab yang longgar dan tidak menampakkan bentuk tubuh

5. Menghindari pemakaian model jilbab kepala yang menyerupai punuk unta (www.eramuslim.com)

Batasan untuk aurat laki-laki yaitu menutup aurat antara pusar hingga dua lutut seperti bunyi hadist riwayat Ad-Daruquthni dan Al-Baihaqi, dalam Fiqh Islam. Sebuah pelanggaran jika laki –laki memakai celana pendek yang menampakan bagian bawah pusar maupun kedua pahanya.

Jadi perlu ditekankan sekali lagi bahwa menutup aurat hukumnya adalah wajib sebab, menutup aurat merupakan salah satu bentuk umat Islam dalam menunjukan ketaatan mereka kepada Allah SWT.

Untuk itu pesen ane lewat postingan ini yang juga bertepatan dengan HARI MENUTUP AURAT INTERNASIONAL. Yang pengen ane ucapin yaitu Selamat Hari Menutup Aurat Internasional. Semoga untuk temen temen yang sampai saat ini belum bisa secara penuh dalam menutup auratnya seperti belum berhijab ataupun hijabnya belum syari bisa dimudahkan oleh Allah SWT untuk bisa berhijab sesuai dengan perintah agama Islam. Memang semua butuh proses namun, prosesnya mau dimulai kapan itu tergantung dari pribadi masing-masing karena kita tidak akan pernah tahu kapan diri ini akan masih bisa bernafas. So, mulailah dari sekarang. Bagi yang sudah berhijab secara syari semoga diberi istiqomah oleh Allah.. Amiiiiinnn….

[Must See] Masya Allah Inilah Perempuan yang Diperbolehkan Masuk Surga Lewat Pintu yang Ia Suka

24 November 2014 Tinggalkan komentar

Siapa yang tidak mau masuk surga? pasti takkan ada yang menjawab saya. Surga merupakan impian dan dambaan bagi orang orang yang menginginkan kebahagian hidup di akhirat kelak. Tempat dimana segala sesuatu kebahagian terdapat di dalamnya sungguh kita para mahluk-Nya takkan sanggup menghayalkan bagaimana indahnya surga

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim ada beberapa wanita yang diperbolehkan masuk surga dengan boleh memilih dari pintu mana ia akan memasuki surga. seperti apa wanita yang mendapatkan hak istemewa dari Allah SWT tersebut. mari kita simak bersama sama. Baca selanjutnya…

[Must Read] Kata Kata Hikmah Salahuddin Al Ayyubi

16 November 2014 Tinggalkan komentar

Salahuddin Ayyubi. Apakah agan semua pernah denger dan tau nama salah satu pahlawan muslim dalam perang salib ini? Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (Bahasa Arab: صلاح الدين الأيوبي, Kurdi: صلاح الدین ایوبی) (Sho-lah-huud-din al-ay-yu-bi) (c. 1138 – 4 Maret 1193) adalah seorang jendral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang ksatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib.  (wikipedia)

di postingan ini ane bukan ingin membahas siapa itu Salahuddin Ayyubi? untuk informasi itu agan bisa dapatkan di wikipedia atau sistus sejarah islam yang lainnya namun, ane akan membagi Baca selanjutnya…

Must be Read! Tuhan Maaf, Kami Sedang Sibuk

2 September 2014 Tinggalkan komentar

Tuhan Maaf, kami sedang sibuk

“Tuhan, maaf, kami sedang sibuk. Kami memang takut neraka, tetapi kami kesulitan untuk mencari waktu untuk mengerjakan amalan yang dapat menjauhkan kami dari neraka-Mu. Kami memang berharap surga-Mu.”

 

“Tuhan,harap maklumi kami, manusia-manusia yang begitu banyak kegiatan. Kami benar-benar sibuk, sehingga kami amat kesulitan menyempatkan waktu untuk-Mu.”

 

“Tuhan, harap maklumi kami, hamba-hamba-Mu yang begitu padat rutinitas, sehingga kami sangat kesulitan mengatur jadwal untuk menghadap-Mu.”

 

“Tuhan, kami sangat sibuk, jangankan berjamaah, bahkan munfarid pun kami tunda-tunda. Jangankan rawatib, zikir, berdoa, tahajud, bahkan kewajiban-Mu yang lima waktu saja sudah memberatkan kami. Jangankan puasa senin-kamis, jangankan ayyamul bidh, jangankan puasa Nabi Daud, bahkan puasa Ramadhan saja kami sering mengeluh.”

 

“Tuhan, maafkan kami, kebutuhan kami di dunia ini masih sangatlah banyak, sehingga kami sangat kesulitan menyisihkan banyak, sehingga kami kesulitan menyisihkan sebagian harta untuk bekal kami di alam abadi-Mu. Jangankan sedekah,jangankan jariah, bahkan mengeluarkan zakat yang wajib saja sering kali terlupa.”

 

“Tuhan, maafkan kami, kekayaan kami belumlah seberapa, kami masih perlu banyak menabung, sehingga kami tidak bisa menyisihkan sebagianrezeki dari-Mu untuk memperjuangkan agama-Mu.”

 

“Tuhan, maafkan kami, kami tidak sempat untuk bersyukur pada-Mu. Jiwa kami beitu rakus. Kami tak berujung puas dengan nikmat-Mu, sehingga kami kesulitan mencari-cari karunia-Mu yang layak kami syukuri.”

 

“Tuhan, maafkan kami orang-orang sibuk. Bahkan kami kesulitan mencari waktu untuk mengerjakan amalan yang dapat menjauhkan kami dari neraka-Mu.” Kami hampir tak ada waktu untuk mencari bekal menuju surga-Mu.”

 

“Tuhan, urusan-urusan dunia kami amatlah banyak. Jadwal kami masih amatlah padat. Kami amat kesulitan menyempatkan waktu untuk mencari bekal menghadap-Mu. Kami masih belum bisa meluangkan waktu untuk khusyuk dalam rukuk, menyungkur sujud, menangis, mengiba, berdo’a, dan mendapatkan jiwa sedekat mungkin dengan-Mu.”

 

“Tuhan, tolong, jangan dulu Engkau menyuruh Izrail untuk mengambil nyawa kami, karena kami masih terlalu sibuk.”

 

“Tuhan, maaf, kami terlalu sibuk. Padahal Engkau memerintahkan kami berwudhu untuk membasuh wajah kami yang telah penat memikirkan dunia. Padahal Engkau meminta kami bertakbir ketika jiwa kami terasa letih menggapai cita. Padahal Engkau perintahkan kami bersujud untuk merenggangkan pundak kami yang telah letih memikul amanah.”

 

“Tuhan, maaf, selama ini kami terlalu sibuk. Kami terlau sombong kepada-Mu, seolah kami tak membutuhkan-Mu, mohon cahayai hati kami, guyur jiwa kami dengan hidayah-Mu. Agar jiwa kami ikhlas menuruti tuntunan-Mu. Agar diri ini tegar di saat yang lain terlempar. Agar jiwa ini teguh di saat yang lain runtuh.”

 

“Tuhan, maaf, kami selama ini kami merasa sok sibuk. Padahal Engkaulah yang Maha Sibuk. Kami sering kali telat menghadap-Mu, padahal Engkau tak pernah sekali pun telat memberi kami makan dan minum setiap hari. Kami sering kali lupa menunaikan kewajibanku pada-Mu, padahal Engkau tak pernah lupa menerbitkan mentari di pagi hari. Kami sering lalai mengingat-Mu, padahal Engkau tak pernah sekalipun lalai mempergilirkan siang dan malam. Setiap saat keburukan kami naik disampaikan malaikat-Mu, sementara kebaikan-Mu setiap detik tercurah kepada kami.”

 

“Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus-menerus (makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur……….” (QS. Al-baqarah:255)

 

Sumber : Group Whatsapp “isu KAMMI UM beraksi”

Dari buku “Tuhan, Maaf Kami Sedang Sibuk” yang ditulis oleh Ahmad Rifa’i Rif’an.

 

Akhi Ukhti Gabung Komunitas ODOJ One Day One Juz Yuk!

4 Mei 2014 3 komentar

Semangat pagi kawan. pagi yang cerah untuk kita semua.  *cek kalender oh tanggal 4 Mei 2014. ada acara besar nih di Masjid Istiqlal. bukan? bukan untuk ngerayain ultah ane *heh -_- . tapi hari ini ODOJ One Day One Juz ada Grand Launching yang pertama *prok…prook…prokkk *tepuk jidat  tangan.

Agan dan agan wati udah tau ODOJ ? atau ada diatara kalian yang sekarang jadi ODOJer? sungguh nikmat lo ternyata jadi ODOJer. Ane sendiri gabung ODOJ kurang lebih 3 bulan lalu jadi sudah 3 kali khatam quran *alhamdulillah 🙂 .  dan alhamdulillah sekarang masih tergabung di komunitas ODOJ472 via Wassap.

gg

 

Mungkin masih ada yang bingung ODOJ itu apa sih? jadi gini gais  One Day One Juz ( ODOJ ) adalah program yang diinisiasi oleh para Alumni Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah kita dalam tilawah Al-Qur’an dengan targetan 1 juz sehari. Dengan memanfaatkan Instant Messager, tilawah 1 juz sehari jadi lebih menyenangkan dan lebih termotivasi.

dalam bertilawah di ODOJ ada metodenya yaitu :

1. Grup beranggotakan 30 orang.

Tiap anggota bertugas tilawah 1 juz per hari, dimulai dair nomor juz sesuai nomor urut pada daftar absen. Kemudian dilanjutkan ke juz berikutnya esok harinya.

2.Sistem Lelang Juz.

Jika ada anggota berhalangan, harus segera dilaporkan agar tilawahnya dapat dilelang untuk diselesaikan oleh anggota lainnya yang bersedia

3.Sistem Penanggalan Kholas

Waktu yang digunakan untuk sistem kholas adalah bersifat fleksibel, dapat menggunakan sistem Masehi dan Hijriyah, sesuai kesepakatan dari masing-masing grup dalam berkomitmen menyelesaikan target tilawahnya.

Target Khataman Al Quran.

Grup akan khataman Al Quran 1 kali perhari, dan secara personal khotam dalam sebulan.

 

untuk grup WA ane ODOJ 472 mempunyai peraturan  ketika ngODOJ. seperti ini :

 

 

131218_hn_onedayonejuz

 

Jangan sampai syetan menertawakanmu lantara kelalaianmu beribadah kepada Rabbmu

 

1.Kalau sibuk jadwalkan. Kalau senggang segerakan. Insya Alloh Kholas (Rampung)!

2.Kalo Kholas segera lapor ke partner atau langsung ke grup.

3.Mohon info perkembangan tilawahnya ya, berapapun yang sudah dibaca.

4.Ingat molornya antum (anda) berarti secara tidak langsung mendzolimi saudara antum.

5, sistem waktu sudah dimajukan dan lelangan di hapus

6.Yuk jadi grup ODOJ teladan dengan khatam grupnya sebelum pukul 18.00

7. Bismillah semangat semoga tambah semangat dan istiqomah.

ini screenshootnya ODOJ472 :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

gimana gan minat gabung ODOJ? gampang sekali caranya  bisa lewat online kok klik saja www.onedayonejuz.org terus daftar deh! gampang bukan!

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya di hari kiamat”( H.R Muslim )

BkyHfFrCMAAoURU

 

Baca Juga Nawak :

Selamat Hari Kartini Jadilah #WanitaTeladan

Terima kasih Ibu Kartini atas jasa-jasamu terhadap bumi pertiwi ini. hari ini merupakan hari peringatan atas jasa jasamu pada negeri ini. di hari yang bersejarah bagimu Ibu ane ijin nge-share kultwit  tentang wanita teladan yang ane dapet dari akun twitter FSLDKI (@fsldkindonesia)

BllVjwkCIAAJ4CO

yuk tweeps kita lanjutkan lagi tweet kemarin yg membahas seputar with Cekidot! 😀

Yuk renungi bersama, apa kontribusi untuk mengisi kemerdekaan saat ini

Mengisi kemerdekaan merupakan kewajiban umat Islam sebagai bentuk cinta terhadap tanah air

Peran disini adalah bagaimama caranya untuk berjuang mewujudkan gagasan mulia menegakkan syariat di muka bumi

Wanita memiliki hak & kwajiban yang setara dengan pria dalam perjuangan menegakkan syariat Allah & membangun masyarakat Qur’ani

Dlm mengisi kmerdekaan ini,Allah menyukai org2 yang brjuang di jalan-Nya dlm brisan yg rapi sperti bangunan yg kokoh (QS 61:4)

Maka diperlukan perencanaan strategi yg matang, ilmu pengethuan, teknologi & partner yg baik untuk mengisi kemerdekaan

Islam ingin memuliakan wanita menjadi aktif yg berinteraksi dg realitas baru

Selain itu, ajaran Islam yg berkaitan dg masalah kewanitaan ditujukan untuk mencetak wanita aktivis

aktif dalam pembinaan diri, keluarga, pekerjaan & masyarakatnya.

Bila berhasil menjadi wanita yg aktif lg positif, wanita baru akan mrasa nilai & kdudukannya yg hakiki sebagai wanita

Kekhasan yg menjadikan wanita sebagai sosok , yaitu : 1. Kepribadian yang khas lagi kuat

Kekhasan yg ke 2 : Keberanian dan kepercayaan diri

Kekhasan ke 3 : Berfikir rasional & sistematis,memiliki intelektual dlm mengkritik,mengevaluasi,membangun,menantang & memilih

Kekhasan yg menjadikan wanita sebagai sosok yg ke 4 adalah Kemandirian

Karakter itulah yg insya Allah ada dalam diri MUSLIMAH

Disinilah urgensi MUSLIMAH untuk melibatkan diri secara aktif dalam sebuah pergerakan/harakah

Beberapa manfaat keterlibatan muslimah (sbg ) di dalam pergerakan adalah sebagai berikut:

a) menyadarkan muslimah & wanita pada umumnya akan nilai & kedudukannya di tengsh masyarakat

b) memperoleh wawasan yg ideal, memadai & selektif

c) menghilangkan keengganan, kegamangan, kepasifan & ketergantungan pada orang lain

d) menghindarkan diri dari aktivitas tak bermanfaat (bergunjing, senda gurau, menyebarkan desas-desus)

e) membantu dalam meningkatkan ketinggian spiritual

g) mendidik muslimah untuk gemar bekerja sama dalam hal2 yg bermanfaat

f) menjauhkan perhatiannya dari sifat tabarruj dan sifat2 lain yg berorientasi duniawi

g) menumbuhkan keberanian dalam diri muslimah untuk memerangi adat & tradisi yg bertentangan dg nilai2 islami

h) berta’aruf, brinteraksi & saling mrmbina, mendidik dg saudara2 seiman

i) berani melawan kmungkaran & mampu menanggung beban, kesulitan & derita dg sabar

j) menjadikan urusan2 hidupnya terprogram, teratur & tertata baik

k) mempertajam sikap kemandirian muslimah tapi tetap dalam koridor syar’i

sekian kultwit seputar part 2, semoga menginspirasi kita semua 🙂

Gimana ukhti siap menjadi muslimah yang teladan?

%d blogger menyukai ini: