Selamat Hari Pramuka!

Sudah tahu kan? sekarang hari apa? Kamis -_-  yups hari ini merupakan Hari Gerakan Pramuka atau yang lebih familiar kita kenal dengan Hari Pramuka. ingatan TS  (penulis-red) tentang hari hari pramuka yaitu waktu pas ada kegiatan perkemahan waktu masih SD dan SMP doloe.  kegiatan diawali dengan Upacara Pramuka jadi setiap siswa wajib pake seragam olah raga dan bando pramuka serta hasduk lengkap dengan topi pramuka. jika tidak begitu dapet hukuman dari kaka pembina. iya kan? I know that U fell Vroh hehehehe :).

sumber pict : wikipedia
sumber pict : wikipedia

Dimasa putih abu-abu ane tidak lagi ikut ekstra kepanduan Pramuka melainkan HW atau Hizbul Wathan semacam Pramuka namun berada dalam naungan Organisasi Muhammadiyah. Yang diajarkan dalam HW  tidak jauh beda dengan apa yang ada di pramuka waktu SD dan SMP doloe. tali simpul, kode rahasia. atau apalah semacamnya ane sampe lupa hehehehe 🙂

Mengutip dari wikipedia dibawah ini merupakan peristiwa penting dalam kelahiran Pramuka:

Gerakan Pramuka ditandai dengan serangkaian peristiwa yang saling berkaitan yaitu :

  1. Pidato Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia pada tanggal 9 Maret 1961 di Istana Negara. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI TUNAS GERAKAN PRAMUKA
  2. Diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Tanggal 20 Mei adalah; Hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PERMULAAN TAHUN KERJA.
  3. Pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka, dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI IKRAR GERAKAN PRAMUKA.
  4. Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka, dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal pada tanggal 14 Agustus 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai HARI PRAMUKA.
sumber pict: relawantik-kalsel.org
sumber pict: relawantik-kalsel.org

Selamat Hari Pramuka!!! Jayalah Indonesiaku!! TEPUK PRAMUKA prok…prok…prok! prok……prok…..prok! prok…. prok…. prok ….prok….. prok…. prok…. prok!

Pengunjung Yang Bijak Adalah Yang Meninggalkan Jejak. Monggo Dikomeng Y(^_^)Y

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s