Beranda > religi > Ayo podho tobat marang gusti Allah

Ayo podho tobat marang gusti Allah

sumber : googling

manusia merupakan tempat lupa dan berbuat salah. Mungkin dari kita semua banyak mendengar tentang ungkapan itu. Bagi seorang muslim apabila ia melakukan suatu perbuatan yang dilarang oleh  Allah swt, maka ia wajib untuk segera bertobat, memohon ampun kepada Allah swt. Baik perbuatan terlarang tersebut sekecil dzarah (atom) seorang muslim wajib bertobat, taubat merupakan  suatu bentuk akhlak terpuji yang harus menghiasi setiap pribadi muslim. Suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap manusia memiliki kesalahan atau pelanggaran, dan perlu diingat setiap  pelanggaran mendatangkan dosa, dan setiap dosa akan membawa ke neraka. Untuk itu setiap dosa harus dihentikan sebelum menumpuk dan menyeret ke neraka kelak, dengan memohon ampunan kepada Tuhan semesta alam beserta isinya yaitu ALLAH SWT.

Dalam QS. At tahrim/66:8 Allah swt berfirman yang artinya

8.  Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan nabi dan orang-orang mukmin yang bersama Dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah Kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

sumber : googling

Rasulullah saw merupakan sebaik baik manusia yang pernah Allah swt ciptakan. Dan sekaligus suri tauladan bagi seluruh umatnya di dunia ini. Beliau merupakan manusia yang ma’shum, tidak pernah meninggalakan perintah Allah swt dan tidak pula pernah melanggar larangan-larangan yang telah ditetapkan oleh Allah swt. Sekalipun demikian Rosulullah saw selalu meminta ampunan kepada Allah swt. Dan logikanya kita  yang seharusnya lebih banyak lagi bersujud memohon ampunan kepada Allah swt. Karena hidup kita tak le[as dari perbuatan dosa yang senantiasa mengintai kita, namun sebaik baik mausia  yang berbuat salah adalah bertaubat.

sumber : googling

Allah swt menyayangi setiap hamba-hambanya yang mau bertaubat untuk memohon ampunan-Nya, seperti yang tertulis dalam QS Al baqarah/2:22 yang artinya sebagai berikut:

22.  Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; Karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah[30], padahal kamu Mengetahui.

Namun taubat yang diterima oleh Allah swt adalah taubat yang benar –benar  ingin meminta ampunan dari Allah swt bukan taubat yang satu atau dua hari lagi mengulangi perbuatan dosanya (taubat cabe).

sumber : googling

Kategori:religi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Pengunjung Yang Bijak Adalah Yang Meninggalkan Jejak. Monggo Dikomeng Y(^_^)Y

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: