Beranda > informasi dekensa > kemarau datang lagi!

kemarau datang lagi!

Panasnya bulan-bulan seperti saat ini mengakibatkan kekeringan terjadi di berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya  di  provinsi Jawa timur kabupaten Tuban , di Tuban sendiri terdapat berbagai daerah yang mengalami kekeringan , contohnya  desa ane  ane yang juga terkena imbas dari musim kemarau tahun ini, namun Alhamdulillah  kekeringan yang terjadi tidaklah separah seperti yang ada di daerah –daerah lain. Jika di daerah yang  lain harud turun gunung dan naik gunung untuk mencari sumber mata air berbeda dengan warga di desa ane cukup hanya mengantri di sumur besar (sumur jubin warga kami biasa menyebutnya).

Antriannya pun tidak terlalu panjang mungkin hanya 5-6 orang yang mengantri beda dengan daerah lain yang antriannya panjang bahkan ada juga yang sampai 1km. ane dan keluarga ane pun terkena imbas kemarau tahun ini, mesin pompa air yang ada di rumah terpaksa tidak digunakan karena debit air yang menurun, dan terpaksa ane dan ibu ane mengambil air di sumur besar(ngangso, biasa orang kami menyebutnya)  namun syukur jaraknya begitu dekat 20m dari rumah namun walaupun begitu terasa berat.

Namun pekerjaan tersebut ane lakoni  cuma sehari saja, karena sumur pompa yang dirumah telah diperbaiki oleh bapak jadi ane tidak usah repot-repot bawa ember untuk ngangso lagi. Bila dibandingkan 2007-2008 tahun lalu kekeringan tahun ini tidak sebegitu parah tahun tersebut. Ditahun 2007-2008, kekeringan menyebabkan sungai bengawan solo mengalami surut yang luar biasa bahkan hingga kering dan hanya menyisakan kubangan-kubangan air. Namun di tahun ini kondisi sungai mengalami penurunan debit air yang lumayan banyak tapi tidak sampai kering kerontang seperti tahun 2007-2008 yang telah lalu.

Karena Kondisi sungai yang surut terus-menerus maka terbentuklah semacam pulau pasir itepi-tepi sungai bahkan ada juga yang terletak di tengah-tengah sungai,  ya…….seperti lautan pasir yang ada di gunung bromo itu (he…..he……he……). nah fenoma ini menjadi daya tarik tersendiri bagi semua orang, nah…., ketika mulai sore banyak orang-orang yang  bermain di sungai, mulai dari orang tua, remaja, dan anak-anak semua tumpah menjadi satu, ada yang maen bola, berenang, kejar-kejaran, mencari kerang, atau hanya sekedar duduk manis melihat sekeliling.

Namun saat ini ane belum pernah maen kesungai jika sore hari, soalnya ane sibuk membantu ibu dirumah, jika masih kecil dulu sih, tepat pukul 4 sore ane dan adhik ane langsung  pergi kesungai untuk maen bola bersama teman-teman. Kemudian berenang bersama-sama. Namun semua itu dulu, sekarang  kan sudah besar jadi harus bisa bantu-bantu ibu.

Oh ya, walaupun dalam keadaan kekeringan seperti ini, pra petani di desa ane masih sibuk menggarap sawah mereka, mereka tidak khawatir mengenai kondisi air karena sudah ada irigasi yang  akan menyalurkan air dari sungai ke sawah-sawah mereka. Itulah kegunaan irigasi di musim kemarau, jika di musim hujan irigasi tidak akan di opersikan dikarenakan air hujan sudah dapat mencukupi kebutuhan air untuk sawah para petani. Hal tersebut yang membuat sebagian warga desa kenongosari ini menjadi petani.

  1. 20 Mei 2013 pukul 2:09 pm

    Hi I am so delighted I found your web site, I really found you by accident,
    while I was searching on Digg for something else, Anyways I am here now and would just like
    to say cheers for a incredible post and a all round
    interesting blog (I also love the theme/design), I don’t
    have time to go through it all at the minute but I have bookmarked it
    and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a great
    deal more, Please do keep up the great b. Tips on how An Undergone Translator
    Ought to Help Office meeting Planners

    Suka

  1. No trackbacks yet.

Pengunjung Yang Bijak Adalah Yang Meninggalkan Jejak. Monggo Dikomeng Y(^_^)Y

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: