Beranda > religi > 5 Hal yang Harus Disegerakan

5 Hal yang Harus Disegerakan

Perbuatan yang dilakukan dengan tergesa-gesa atau terburu-buru adalah termasuk perbuatannya syetan. Karena pada akhirnya kita akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal ataupun kurang sempurna dan tidak seperti yang kita harapkan,sedangkan perbuatan yang dilakukan dengan cepat tapi hasilnya maksimal itu bukan termasuk perbuatannya syetan,tapi perbuatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh pertimbangan yang mendapatkan hasil yang sempurna maka itu dikategorikan sebagai perbuatan muslim sejati.

Perbuatan yang dilakukan dengan tergesa-gesa merupakan perbuatan syetan,kecuali 4 perbuatan yang harus dilakukan secepatnya atau tidak boleh ditunda. sesuai dengan hadist nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Hatim Al ‘Asham. “tergesa-gesa adalah pekerjaan syetan, kecuali lima hal”

Lima hal tersebut adalah :

  1. Menjamu tamu
sumber: google

sumber: google

Islam sangat menghormati orang lain,termasuk tamu,menjamu tamu merupakan salah satu sunnah nabi. batas kita menjamu tamu adalah sampai 3 hari apabila sudah lewat 3 hari maka statusnya sudah menjadi anngota keluarga atau penghuni rumah dan kita harus memperlakukan tamu itu seperti anggota keluarga yang lain.

  1.  Mengubur jenazah
sumber: google

sumber: google

Seorang muslim yang baik jika sudah meninggal menginginkan untuk segera menikmati tempat kenikmatan di alam kubur yang telah dijanjikan oleh ALLAH SWT.maka dari itu jika ada seorang muslim yang telah meninggal kewajiban kita adalah segera mengurusnya dan menguburkannya.

  1. Menikahkan  Anak  Perempuan
sumber : google

sumber : google

Orang tua yang memiliki anak perempuan berkewajiban menikahkan anak perempuannya yang ada dalam kekuasaannya,karena jika anak perempuan tersebut berpacaran maka akan menimbulkan fitnah dan menjurus kepada kemaksiatan jika tidak dapat mengendalikan diri.oleh karena itu jika anak perempuan tersebut sudah mencintai laki laki. Maka harus dinikahkan agar tidak timbul fitnah diantara keduanya.sesuai sabda nabi Muhammad SAW.” barang siapa yang menikahkan anak perempuannya,maka pada hari kiamat akan menghadap ALLAH SWT dengan (memakai) mahkota “.

  1. Membayar Hutang
sumber : google

sumber : google

Jika ada orang yang berhutang maka usahakan agar cepat dibayar,karena dalam agama islam kita diperintah oleh nabi Muhammad SAW  agar menjauhi hutang dan berdoa agar dapat terhindar dari hutang,karena jika sudah meninggal dan hutang belum terbayar maka di akhirat nanti akan dipertanggung jawabkan.

  1. Taubat
sumber : google

sumber : google

Taubat merupakan hal yang harus disegerakan karena kita tidak mengetahui kapan ALLAH SWT akan memanggil kita, karena tidak mungkin ada manusia yang bersih dari dosa. maka dari itu kita harus memulainya dari sekarang sebelum terlambat.

Demikian 5 hal yang harus disegerakan semoga dengan ini kita dapat mengerti apa hal yang harus disegerakan. Dan agar kita tidak tergesa-gesa dalam melakukan suatu hal karena termasuk perbuatan syetan,dan semoga sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua akhirnya,Akhirul kalam fastabikul khoirot

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Pengunjung Yang Baik Hati Adalah Yang Meninggalkan Jejak. Monggo Dikomen Y(^_^)Y

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.807 pengikut lainnya.